Registry Editor Windows

Pada dasarnya, sistem operasi Microsoft Windows dapat dimanipulasi sesuka hati, sehingga dapat bekerja sesuai kehendak kita, yaitu dengan memanfaatkan suatu program kecil yang +IBg-tersembunyi+IBk-, yaitu Registry Editor. Dikatakan tersembunyi, karena program ini tidak diperlihatkan oleh Windows secara transparan (baca: terlihat dengan jelas), yaitu tidak dimasukkan ke Start Menu maupun Desktop. File ini ada di direktori C:+AFw-WINDOWS+AFw-REGEDIT.EXE.

Kegunaan dari file ini adalah untuk memanipulasi Registry Windows, yaitu suatu sistem database terpusat bagi sistem operasi Microsoft Windows. Informasi dari Registry disimpan pada file C:+AFw-WINDOWS+AFw-SYSTEM.DAT dan C:+AFw-WINDOWS+AFw-USER.DAT. jika kedua file ini rusak, atau hilang, maka hancur pulalah sistem operasi Microsoft Windows. Oleh karena itu, sebelum dilakukan manipulasi Registry atau untuk keamanan Anda, backup dahulu kedua file tersebut di tempat yang aman, dan jika terdapat kerusakan registry, copy kedua file tersebut ke C:+AFw-WINDOWS. Untuk menjalankan Registry Editor, gunakan Windows Explorer, atau fasilitas Run dari Start Menu (tekan +-R, dan masukkan +IBg-regedit+IBk-). Dari sini Anda akan mendapati Registry Editor, yang memiliki kemiripan dengan Windows Explorer. Dari sini, Anda sudah bisa memanipulasi Registry Windows. Sebagai pedoman, di komputer saya menggunakan Windows 98 SE.Dokumen-dokumen yang saya tulis di sini berasal dari berbagai sumber.

  1. File ini dibuat untuk keperluan keamanan dan pelajaran,. Harap jangan digunakan untuk keperluan yang tidak baik dan merugikan orang lain.
  2. Tidak akan ada yang bertanggung jawab terhadap kerusakan sistem operasi Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, terutama kerusakan Registry. Oleh karena itu, buat backup file SYSTEM..DAT dan USER.DAT sesering mungkin.
  3. Saya adalah manusia biasa. Jadi jika terdapat kesalahan pengetikan, harap dimaklumi, dan harap diinformasikan ke saya melalui e-mail.
  4. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, terutama penambahan Key-Key baru,silakan hubungi saya melalui e-mail. Saya akan sangat senang sekali menerima e-mail dari anda (asalkan jangan spam).

 

Salam Blogger Indonesia…!!!